Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Danrem Pamungkas Cup 2019: Kejurnas Berkuda untuk Memajukan Olahraga di Purworejo

By On 10/27/2019 07:41:00 PM


PURWOREJO, CULA1.ID - Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danrem Pamungkas Cup 2019 yang berlangsung sejak Jumat, 25 Oktober 2019, berakhir hari ini, Minggu, 27 Oktober 2019, di lapangan tembak Rindam IV/Diponegoro, Desa Besole, Bayan Purworejo, Jawa Tengah (Jatim).

Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas, Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan, pacuan kuda bosa dijadikan ajang untuk mendongkrak nama Purworejo.

"Pacuan kuda ini dijadikan sebagai ajang olahraga yang bisa mendongkrak dan mengangkat nama baik Purworejo serta bisa meningkatkan ekonomi, dan sebagai awal dimulainya olahraga tradisional yang bisa diagendakan pelaksanaanya," katanya.

Acara ini adalah kreatifitas yang sangat luar biasa dari Komandan Kodim (Dandim) 0708/ Purworejo, dimana tidak semua Kodim bisa menyelenggarakan event seperti ini. 

Di Korem 072/ Pamungkas Yogyakarta sendiri pada hari yang sama ada pacuan kuda di Purworejo dan Panahan di Kota Yogyakarta. 

"Keduanya adalah jenis olah raga yang dianjurkan oleh Rosululloh Nabi Muhamad SAW, dimana ada tiga jenis olahraga yang dianjurkan dan sudah dua jenis olahraga yang sudah dilaksanakan oleh TNI melalui Korem Yogyakarta ini," lanjutnya.

Tradisi berkuda di Purworejo sudah ada dimana tradisi katam Quran pun pakai kuda. Itu artinya berkuda itu bukan hal yang asing lagi di Kabupaten Purworejo.

Diharapkan agenda berkuda menjadi agenda tahunan setiap tahun dalam rangka HUT TNI serta agenda tahunan di PORDASI.

"Setidaknya dengan menyelenggarakan event pacuan kuda ini, TNI ikut serta memajukan olahraga berkuda nasional  dan memajukan tumbuhnya budaya kecintaan masyarakat untuk mengembangbiakkan kuda untuk kepentingan olahraga maupun kepentingan lainnya," harapnya.

"Untuk Kodim 0708/Purworejo tetaplah terus untuk berkreatifitas dalam menggerakan masyarakat, bisa memberikan kontribusi yang baik kepada pemerintahan daerah dan masyarakat Purworejo sehingga keberadaan TNI di wilayah Purworejo betul- betul bermanfaat langsung untuk masyarakat Purworejo khususnya," tegasnya.

Komandan Kodim 0708/ Purworejo, Letkol Inf. Muchlis Gasim mengatakan, even berkuda dengan taraf nasional ini adalah yang pertama dilaksanakan di Purworejo setelah puluhan tahun vakum (kosong-red).

"Puluhan tahun even ini vakum. Tidak mudah untuk bisa menyelenggarakan even besar seperti ini, kendala pasti ada serta kekurangan di sana sini, tapi dengan tujuan, niat dan koordinasi yang baik dengan semua stakeholder, Pemda, Pencinta kuda, Pordasi dan yang pasti dukungan dari Kodam dan Danrem maka semuanya bisa terlaksana dengan lancar, cukup meriah dan respon yang sangat luar biasa. Target dari Kodim 0708/ Purworejo selaku panitia pelaksana penyelenggara menargetkan 150 kuda akan tetapi dalam pelaksanaanya ada 174 kuda untuk mengikuti even berkuda ini," jelasnya.

Kodim 0708/ Purworejo akan selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk masyarakat Purworejo dan selalu memberikan hiburan dan kegiatan yang mengedukasi, menghidupkan kecintaan masyarakat pada olahraga.

"Bahwasannya untuk bisa mencapai tujuan dibutuhkan persiapan, perencanaan yang baik dan tentunya perjuangan. Semoga Kodim 0708/ Purworejo bisa memberikan kegiatan, tontonan yang sifatnya nasional yang bagus, berkualitas dan berkarakter tentunya," lanjutnya.


Ketua Panitia Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda, Danrem 072/PMK CUP 2019 Kapten Inf. Muhtafin Soleh mengatakan, bahwa tujuan dari acara pacuan kuda ini dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-74.  

"Tujuan dari acara pacuan kuda ini dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-74.  Dalam satu Korem harus ada satu kegiataan yang sifatnya spektakuler dan Kodim 0708/ Purworejo ditunjuk sebagai perwakilan dari 10 Kodim yang ada di lingkup Korem 072 Pamungkas ini," katanya.

"Setiap tahunnya semua Kodim berlomba membuat suatu kegiatan yang sifatnya spektakuler dan booming tentunya," lanjutnya.

Muhtafin Soleh berharap, kegiatan kejuaraan pacuan kuda ini bisa dijadikan cabang olahraga berkuda yang bisa merekatkan hubungan silaturahmi.

"Kegiatan kejuaraan pacuan kuda ini bisa dijadikan cabang olahraga berkuda yang bisa merekatkan hubungan silaturahmi antara masyarakat dengan TNI, Polri maupun unsur lainnya sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif," harap Pasi Inteldim 0708/ Purworejo ini.

Tujuan lain dari pelaksanaan pacuan kuda ini adalah ingin menggairahkan olahraga berkuda untuk masyarakat Purworejo karena Purworejo merupakan daerah unggul kuda, dimana ada salah satu kuda yang namanya 'Saut' yang sudah 9 tahun juara nasional berturut turut.

"Semoga ke depannya banyak muncul kuda-kuda yang baik, joki terwadahi dan olahraga berkuda menjadi olahraga yang merakyat serta bisa memunculkan atlet atlet yang potensial," harapnya.

Sementara itu, Joki Junior Arif (10 tahun) dan Iko (11 tahun) peserta dari Barokah Stable Bekasi yang juara pertama pada kelasnya punya cita-cita ingin menjadi joki internasional yang terbaik, dimana Arif dan Iko mulai belajar menjadi joki sejak kecil karena kesukaannya pada kuda dan hobi.

"Mereka senang mengikuti lomba pacuan kuda karena selain mendapatkan piala dan uang, juga bisa melihat ke daerah- daerah lain serta bisa menyenangkan banyak orang," katanya. (sar/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »