Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jalin Ukuwah Islamiyah, Ketua Paguyuban Aceh Serantau Kunjungi Sekretariat Cula1.Id

By On 10/24/2019 11:30:00 PM


TANGGERANG, CULA1.ID - Dalam rangka menjalin ukuwah islamiyah, Ketua Paguyuban Aceh Serantau, H. Ahyar Kamil kunjungi Sekretariat Media Online Cula1.Id, Kamis, 24 Oktober 2019, Jalan Raya Serang - Jakarta, Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

Ketua Paguyuban Aceh Serantau, H. Ahyar Kamil mengatakan, bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dengan berbagai macam agama dan budaya. 

"Di dalam ajaran Islam, kita mengenal istilah ukhuwah, yang berarti persaudaraan atau persahabatan antara dua orang atau lebih yang dirajut dengan saling mencintai, saling mengasihi dan saling beriba hati. Ukhuwah dalam kemasyarakatan dapat dicerminkan dari sikap saling membantu dan tolong-menolong dalam rangka mewujudkan kebenaran dan kebaikan serta kesejahteraan bersama. Ukhuwah sendiri terbagi atas tiga bagian, yaitu : Ukhuwah Islamiah, Ukhuwah Wathaniah, dan Ukhuwah Insaniah," tuturnya.

Menurutnya, Ukhuwah Islamiah adalah persaudaraan yang dijalin antara sesama umat muslim dengan saling menghormati dan saling mengasihi. 


"Umat muslim yang tidak mengasihi sesamanya atau tidak mau berbuat kebaikan, maka baginya akan dijauhkan rahmat Allah SWT. Umat muslim yang membangun Ukhuwah Islamiah akan menjelma menjadi satu kekuatan yang kokoh dan tidak dapat dipisahkan. Menjadi keutamaan yang disyariatkan oleh Islam untuk menjalin ukhuwah antara sesama manusia yang memiliki keimanan dan agama yang sama yaitu Islam. Beberapa akhlak dalam menjalin Ukhuwah Islamiah adalah senantiasa berbuat kebajikan dan beramal shaleh secara ikhlas, tidak mencela orang atau kelompok orang, dan tidak memanggil teman dengan julukan yang buruk. Selain itu umat muslim dilarang untuk saling curiga, memata-matai dan saling mencari kekurangan, karena sikap yang demikian akan menimbulkan kebencian dan permusuhan," tuturnya. 

Sementara itu, Haerudin selaku perwakilan dari Media Online Cula1.Id menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan dari Ketua Paguyuban Aceh Serantau, H. Ahyar Kamil ke Sekretariat Media Online Cula1.Id.

"Saya mewakili rekan Media Online Cula1.Id mengucapkan apresiasi atas kunjungan Ketua Paguyuban Aceh Serantau, H. Ahyar Khamil. Semoga jalinan silaturrahmi ini dapat terus terjaga," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelum melakukan kunjungan ke Sekretariat Cula1.Id, Ketua Paguyuban Aceh Serantau, H. Ahyar Khamil bersama rekan-rekan Cula1.Id melaksanakan diskusi kekeluargaan sambil menikmati minuman dan makanan di Rumah Makan Dapurna Sunda yang berlokasi di Jalan Raya Serang Km 35, Kp. Pemborongan Jayanti Desa. Cikande Kab. Tanggerang, Banten. (Amroji)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »