Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sinegritas Muspika Panongan Bersama TNI - Polri Gelar Baksos di Kp Ranca Sadang

By On 10/19/2019 11:38:00 PM


TANGERANG, CULA1.ID - Sinegritas Muspika Panongan bersama TNI - Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, bekerjasama dengan Bhayangkari, Persit, dan Dharmawanita Ranting Panongan, serta RS Hospital Ciputra, dan Citra Raya, menggelar bakti sosial (Baksos), Bakti Sosial Sesama (Bakses) di Kp. Ranca Sadang, Desa Ranca Iyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu, 19 Oktober 2019.

Berawal goes sambang desa dan ngopi bareng Muspika Kecamatan Panongan, terdiri dari Camat Panongan Rudi Lesmana, Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna, Danramil 14  Panongan Kapten Inf Budi Noerianto, Tokoh Masyarakat Romo Felix Supranto, dengan sinegritas dan kebersamaan para Muspika itulah tercetus ide Baksos dan Bakses.

Dalam gebragkannya Baksos dan Bakti Kesehatan Muspika Kecamatan Panongan melibatkan para Istri, baik itu dari Persatuan Istri Tentara (Persit) bagitu juga dari Kepolisian Ibu Bayangkari Darma Wanita Ranting Panongan. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Persit Herni Rohyati Budi Noerianto dan Ketua Bayangkari Ranting Oanongan Nani Nana Supriatna.

Acara itu pun bekerjasama dengan RS Hospital Ciputra Citra Raya, di HUT-nya yang ke 8, dan masih rangkaian, HUT TNI ke 74, Hari Batik Nasional, dan Hari Pangan Sedunia

Dalam turut mensukseskan, Sinegritas Muspika Kecamatan Panongan tercetus ide untuk membantu warga yang tidak mampu.

Camat Panongan, Rudi Lesmana mengatakan, bahwa salah satu sinegritas tidak hanya mengurus masing-masing tupoksi.

"Keberadaan Unsur Muspika yang peduli masyarakat dibuktikan dengan kegiatan pada hari ini," kata Rudi.

Sinegritas Muspika Panongan ini, kata Rudi, dibuktikan dengan menggelar kegiatan bedah rumah milik Madsoleh, salah seorang warga yang rumahnya tidak layak huni. Kemudian dilanjutkan dengan Bakos, Bakses, dan pengobatan gratis oleh dua dokter, dua perawat dari RS Hospital Ciputra.

"Ini merupakan salah satu ide yang tercetus saat ngopi bareng, dan tidak hanya ngopi, kami pun membahas seperti apa kerja ke depan, dalam rangka sinergitas mendekatkan diri kepada masyarakat, agar masyarakat senang kami pun ikut senang. ke depan Forum Pimpinan Kecamatan Panongan yang kemarin Prima sekarang Semakin luar biasa," papar Camat Panongan.


Hal senada dikatakan Danramil 14 Panongan, Kapten Inf Budi Noerianto.

"Kegiatan bedah rumah dan Baksos dan Bakses, ini berawal saat kegiatan Goes Sambang Desa di RT sebelah, kemudian Pak Camat bertanya, setelah ini kegitanya apalagi, dan saya jawab, Ya pulang. Camat bertanya kembali. Ada kegitan seperti ini tidak? Saya pun juga jawab. Ada salah satu momen peninggalan Danramil yang lama yaitu Bedah Rumah di mana sudah direncanakan dulu, namun belum terlaksanakan. Singkat cerita, Unsur Muspika merapatkan barisan dan menggelar musyawarah dan sepakat pada Jum'at 18 Oktober 2019 kita menggelar bedah rumah Pak Madsoleh. Hari inilah hasilnya, di Kp Ranca Serdang RT 014/04 Desa Ranca Iyuh," ungkap Kapten Inf Budi Noerianto.

Sementara itu, Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu sinergitas dari unsur Muspika Kecamatan Panongan dalam rangka menggagas kegiatan yang bersifat sosial. Salah satunya kegiatan hari ini yaitu bedah rumah, dilanjutkan Baksos, Bakses bagi bagi sembako kepada Ibu- ibu Jompo yang kurang mampu, pakaian layak pakai oleh Ibu Bhayangkari dan Persit, dan juga Bakses oleh pihak Rumah Sakit Hospital Ciputra yang dilaksanakan di Desa Ranca Iyuh.

"Sinegritas Muspika Kecamatan Panongan ini buka hanya saat ini saja, namun direncanakan akan dilaksanakan  kembali dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat Panongan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala desa Ranca Iyuh, Suherman mewakili masyarakatnya mengucapkan terimakasih kepada Muspika Kecamatan Panongan dengan sinegritasnya, yang telah membantu warga yang tidak mampu.

Sementara, Dirut Rumah Sakit Ciputra Hospital Citra Raya, Ridwan Tjahjadi Lembong memberikan support dan dukungan kepada sinergitas Muspika Panongan dalam acara Baksos dan Bakses.

"Melalui sinergitas ini RS Hospital Ciputra ambil bagian dan kebetulan dalam rangkaian HUT ke-8, Hospital Ciputra ikut serta dalam kegiatan Muspika Panongan untuk memberi pengobatan gratis kepada warga masyarakat di Desa Ranca Iyuh," ujarnya.

"Di Hari Ulang Tahun ke-8 Hospital Ciputra, banyak kegiatan yang dilakukan seperti Operasi Bibir Sumbing, Bakti Sosial (Baksos), aneka lomba seperti lomba bola FUN RUN dan lomba mewarnai," imbuhnya. 

Tokoh Agama yang juga menjabat sebagai Ketua MUI Kecamatan Panongan, Anwar mengatakan, bahwa Agama Islam mengajarkan khoerunnas anfaa uhum linnas. Sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

"Hari Jum'at itu rajanya hari dan pada hari ini kita berkumpul di sini dalam rangka memperlihatkan kepedulian kita. Mudah-mudahan semua pihak yang bergerak di hari ini mendapatkan keberkahan," ucapnya.

Tokoh agama dan masyarakat lintas agama atau sahabat masyarakat, Romo Felix Supranto dalam pesannya menyampaikan.

"Setetes kasih yang kita lakukan dengan tulus dapat mengubah dunia," ujanya. (Reno)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »