Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dinyatakan Unfit, Maltupi Tetap Ingin Berangkatkan TKI ke Timur Tengah

By On 11/12/2019 10:35:00 PM

Foto Ilustrasi.
SERANG, CULA1.ID - Hj. Rumsiah (44), calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kampung Pasauran 001/002, Desa Umbul Tanjung, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten,  yang akan diberangkat oleh Sponsor Maltupi untuk sektor pekerja rumah tangga ke Timur Tengah, dinyatakan Unfit setelah menerima hasil tesnya.

Meskipun dengan kondisi yang Unfit atau dinyatakan tidak sehat, namun pihak sponsor tetap ingin memberangkatkan Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tersebut untuk menjadi buruh migran.

Ketika dikonfirmasi, sponsor Maltupi berkilah bahwa Hj. Rumsiah tidak diberangkatkan melalui dirinya. Dikarenakan yang bersangkutan tes kesehatannya tidak lolos.

"Memang betul itu yang mau memberangkatkannya saya, akan tetapi tidak jadi. Karena Hj. Rumsiah memiliki penyakit," katanya, Selasa, 12 November 2019.

Namun berbeda dengan pekerja lapangan sponsor, Lay menjelaskan bahwa Hj. Rumsiah sudah diproses, dan tinggal menunggu keberangkatannya saja.

"Atas nama Hj. Rumsiah sudah dibikinkan paspornya, dan tinggal menunggu tanggal keberangkatannya," jelasnya melalui via telpon selluler.

Untuk diketahui, dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 29 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan kesehatan calon TKI disebutkan, bahwa semua calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri kondisi kesehatannya harus dalam kondisi fit agar siap mengemban tugas pekerjaannya dengan baik dan lancar. 

Kelaikan bekerja atau fit to work adalah status kesehatan pekerja yang dianggap memenuhi syarat kesehatan untuk melaksanakan pekerjaan yang telah ditetapkan. 

Keadaan ini menunjukkan tenaga kerja harus bebas dari:

1. Segala penyakit menular yang dapat mempengaruhi kesehatan dirinya dan sekitarnya agar mencegah penyebaran penyakit dari tenaga kerja ke lingkungan kerjanya. 

2. Kondisi medis yang dapat mempengaruhi produktivitas dan aktivitas kerjanya seperti penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan lama dan tidak terkontrol.

3. Kondisi medis yang dapat kambuh atau muncul atau memberat ketika bekerja.

4. Kondisi medis yang bila tidak dikendalikan dapat berakibat cacat fisik 
dan bahkan dapat mengancam keselamatan jiwa, dan membutuhkan 
evakuasi darurat untuk keselamatannya. 

Diduga Maltupi telah melanggar Permenkes RI Nomor 29 Tahun 2013 dikarenakan tetap ingin memberangkat Hj. Rumsiah yang dinyatakan Unfit setelah menerima hasil tes kesehatan untuk diberangkatkan ke Timur Tengah. (Muzi)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »