Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Proyek Renovasi SMAN 1 Pontang Diduga Tak Sesuai Spesifikasi

By On 11/16/2019 03:11:00 PM


SERANG CULA1.ID – Proyek Renovasi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pontang dalam pelaksanaannya diduga tidak sesuai dengan spesifikasi.

Proyek yang menelan anggaran negara ratusan juta rupiah dan sudah berjalan 28 hari lalu tersebut kini jadi perhatian publik.

Hal tersebut diungkapkan Mamat selaku warga permerhati pembangunan saat meninjau kegiatan proyek.  

Pihak pengawas atau panitia pembangunan sekolah belum bisa ditemui. 

"Pekerja atau mandor tidak mengunakan K3, terlebih lagi mandor pekerja tidak bersertifikat," katanya.

Menurutnya, hal tersebut dikhawatirkan jadi pemicu terjadinya pengurangan kualitas atau hasil pekerjaan, karena untuk pekerjanya atau tukang tidak professional.  

"Terlebih lagi untuk pembesian tidak mengunakan besi ukuran yang sudah ditentukan. Melainkan besi yang tidak sesuai, dengan kata lain (besi banci-red). Hal yang demikian juga diduga tidak sesuai spespesifikasi," tuturnya.


"Bagaimana bisa seperti ini. Mungkin saja akan terjadi pengurangan kualitas, karena pekerjanya saja tidak profesional. Spesifikasi pembesian aja tidak sesuai, gimana hasil pekerjaannya, yang jelas kualitasnya sangat diragukan,” ungkap Mamat seusai meninjau pada Jumat, 15 November 2019, di lokasi kerajaan.

Mamat menambahkan, dalam hal ini dirinya berharap agar pihak terkait intens monitoring agar kualitas tidak diragukan.

Saat dikonfirmasi awak media, Parmin selaku Mandor membenarkan dan mengakui terkait adanya pembesian yang tidak sesuai spesifikasi


"Benar pak, terkait pembesian ini tidak sesui spesifikasi. Karena ini buat penyangga saja, kalau untuk SKT saya tidak punya pak,” ungkap Parmin.

Di tempat yang sama, Khujaeni Syah selaku Komite Sekolah mengatakan, bahwa terkait gambar pekerjaan dirinya tidak pegang.

"Saya minta ke konsultan juga belum dikasih," singkatnya.

Untuk diketahui, bahwa program permerintah melalui Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, jenis kegiatan proyek Renovasi Ruang Administrasi SMAN 1 Pontang Kabupaten Serang Provinsi Banten, dengan sumber dana, Bantuan Pemerintah (BANTAH) Tahun Anggaran 2019 senilai angaran tertera Rp 500.000.000. Panitia pembangunan sekolah pelaksanaan alokasi waktu 90 hari kalender. (Dimas Agung/Why)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »