Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tatang Suanda Batal Dilantik Lataran Terbentur Domisili, Panitia Pemilihan BPD Pasir Limus Dinilai Lalai

By On 11/06/2019 05:13:00 PM


SERANG, CULA1.ID - Panitia pemilihan Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Desa Pasir Limus, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Banten, dinilai lalai. Pasalnya, pihak panitia tidak melakukan sosialisasi terkait Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2016 tentang domisili calon BPD. 

Diketahui, bahwa pihak panitia pemilihan BPD telah melaksanakan pemilihan BPD Desa Pasir Limus. 

Pemungutan suara pun dilaksanakan pada 30 Juli 2019, dengan hasil suara, Tatang Suanda 120 suara, Awan Ali Mahdi 88 suara.

Namun, ketika hendak dilantik, Tatang Suanda mendapat surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, bahwa Tatang Suanda tidak memenuhi syarat dalam pencalonan BPD. 

"Tidak ada konfirmasi dari pihak panitia pemungutan suara kalau mau pelatikan. Saya terus telpon ke pihak panitia, telpon saya tidak mau diangkat dan saya mencoba pakai no hp lain diangkat. Pelantikan berlanjut ke calon yang tidak terpilih pada 1 Oktober 2019," ujar Tatang Suanda.

Menurut Tatang Suanda, seharusnya pihak panitia pemilihan BPD melakukan sosialisasi ke masyarakat bahwa ada Perda Nomor 9 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawartan Rakyat Pasal 3 Huruf i, bahwa persyaratan calon anggota BPD sudah menetap di desa bersangkutan paling sedikit 6 tahun.

"Saya sebagai masyarakat dan calon terpilih anggota BPD Pasir Limus tidak mengetahui kalau ada Perda Nomor 9 Tahun 2016. Kalau saya tahu, saya tidak akan maju mencalonkan diri sebagai anggota BPD. Saya merasa terjolimi dan dirugikan sebagai calon terpilih," keluhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan BPD Desa Pasir Limus, Didi ketika dikonfirmasi awak media, Selasa, 05 November 2019, mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pemilihan calon BPD Pasir Limus. 

Camat Pamarayan, Edi mengatakan, persoalan pemilihan BPD Pasir Limus dianggap selesai. 

"Udah selesai dengan Perda mau apa lagi. Kalau diteruskan saya kena," ujar Camat. (Chaerudin/Nusi)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »