Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tok! 7.599 Orang Penentu Kades Terpilih di Desa Jayanti

By On 11/17/2019 01:41:00 AM


TANGERANG, CULA1.ID - Proses perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 Kabupaten Tangerang di Desa Jayanti, Kecamatan Jayanti, memasuki babak baru.

Panitia Pilkades Jayanti pun sudah mengumumkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayahnya dalam Rapat Pleno, pada Sabtu, 16 November 2019.

Rapat Pleno tersebut dihadiri lima Calon Kades dengan disaksikan langsung Pjs Kepala Desa Jayanti Sadroi, Ka Ops Polsek Cisoka Darsimin, Binamas Jayanti Oyon, Babinsa Jayanti Robi.H, Intel Polresta Tangerang Subhan, perwakilan Camat Jayanti Bayu, dan Panitia Pengawas (Panwaslu).

Ada 7.599 orang atau hak pilih yang akan menentukan nasib Calon Kades di Desa Jayanti.

Ketua Panitia Pilkades Jayanti, Edi Junaedi mengatakan, penetapan jumlah DPT ini diumumkan melalui Rapat Pleno.

“Sudah ditetapkan. Jumlah ini berdasarkan hasil DPS dan verifikasi calon,” terangnya usai menggelar Rapat Pleno di kantor Desa Jayanti.

"Jumlah keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di empat TPS ada 7.599," imbuhnya. 

Mereka nantinya akan menggunakan hak pilih dalam menentukan Kades terpilih di Desa Jayanti pada 01 Desember 2019.

“Mereka ini yang akan menentukan siapa Kades terpilih di Desa Janyanti,” ujarnya.

Setelah penetapan DPT, tambah dia, pihaknya akan menyebarkan dan menyosialisasikan terlebih dulu ke warga.

Tujuannya agar warga mengetahui berapa jumlah hak pemilih yang bisa berpartisipasi dalam pemilihan di Pilkades Jayanti.

“Kalau sudah sosialisasi kita lanjut untuk menetapkan lokasi tempat pemilihan dan penghitungan suara. Termasuk waktu pencoblosan,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa Jayanti,  Sadroi menyambut baik proses yang sudah dilakukan Panitia Pilkades Jayanti. Sebab, proses penetapan DPS menjadi DPT berjalan aman dan lancar.

“Kami bangga lantaran laporan dari panitia tahapan penetapan DPT berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Meski begitu, Sadroi tetap mengingatkan kepada Panitia Pilkades Jayanti untuk tetap bekerja sesuai aturan. Sebab, masih ada beberapa tahap yang harus dilakukan panitia.

“Ini kan baru tahap penetapan, ada persiapan lain juga. Tetap semangat. Semoga Pilkades ini berjalan lancar dan kondusif. Kalah menang itu pilihan masyarakat,” ujarnya.

Ka Ops Polsek Cisoka, Darsimin menghimbau kepada masyarakat ataupun pendukung simpatisan agar selalu menjaga kebersamaan kepada pendukung dan simpatisan yang lainnya, netralitas untuk kepentingan dalam memulih harus netral, guyub rukun kebersamaan para calon dan pendukung maupun simpatisan harus tetap terjaga.

"Untuk keamanan dan kenyamanan di lingkungan Desa Jayanti akan diperbantukan (Backup) oleh pihak Polres dan Polsek, membantu untuk menjaga ketertiban terselenggaranya pemilihan Pilkades di Desa Jayanti ini," ujarnya. 

"Untuk lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus terjangkau agar masyarakat dapat datang untuk memberikan hak pilihnya," imbuhnya.

Babinsa Jayanti, Robi. H menambahkan, bahwa setiap Calon Kepala Desa harus tenang, jangan sampai menimbulkan kegaduhan di lokasi masing-masing, khususnya di Desa Jayanti. (Gudel)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »