Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Disoal UU Ketenagakerjaan, Manager HRD PT. United Kingland Diam Seribu Bahasa

By On 10/29/2020 10:50:00 AM

Penulis : Redaksi








SERANG, Cula1.ID - HRD merupakan singkatan dari Human Resource Departement atau dalam Bahasa Indonesia, HRD lebih dikenal dengan istilah Departemen Sumber Daya Manusia (SDM). Secara umum, pekerjaan HRD adalah mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan, mulai dari proses rekruitmen, pengembangan, evaluasi, konsultasi, administrasi, hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Biasanya, HRD selalu ada di perusahaan-perusahaan berskala besar atau induk grup suatu perusahaan.

Seperti halnya Manager HRD PT. United Kingland Piyus Pun, diduga diam seribu bahasa dan enggan menjawab terperinci beberapa pertanyaan yang diajukan kepada dirinya terkait legalitas Penyelenggaraan Pemagangan di perusahaan yang memproduksi Ban kendaraan bermotor tersebut.

Ketika dikonfirmasi, HRD PT. United Kingland mengucapkan terima kasih karena sudah mempromosikan dirinya ke perusahaan-perusahaan yang akan menyelenggarakan pemagangan.

"Semalam saya sudah di hubungi 4 pengusaha untuk mengadakan Pemagangan. Sekali lagi terimakasih banyak sahabat-sahabatku," ucapnya via pesan Whatsapp, Kamis (29/10/2020).

Terkait dengan pemberitaan yang sudah tayang serta mempertanyakan standar upah yang diterima karyawan magang, dirinya mengatakan untuk hari ini tidak bisa bertemu sedang libur dan sangat bijak jika pertanyaan seperti itu di tanyakan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang.

"Saya sendiri belajar menyelenggarakan pemagangan itu sejak tahun 2017 di Bogor. Untuk Kabupaten Serang saya tahu persis, bahkan Provinsi Banten mungkin, saya yang pertama mensosialisasikan program Penyelenggaraan Pemagangan," katanya.

Akan tetapi, Manager HRD PT. United Kingland yang beralamat di Jalan Raya Serang, KM. 68 Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang ketika dikonfirmasi secara terperinci mengenai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, Piyus Pun seolah hanya membaca beberapa pertanyaan yang diajukan kepada dirinya dan diduga sengaja diam seribu bahasa.

Adapun pertanyaan yang diajukan kepada Manager HRD PT. United Kingland adalah sebagai berikut :

1. Ada berapa jumlah Karyawan yang ada di PT. United Kingland Pak?

2. Bisa dikatakan Bapak sebagai Penyelenggara Pemagangan berarti y Pak? Pertanyaan saya adalah, apakah pihak Perusahaan sudah memiliki unit pelatihan, program pemagangan, sarana dan prasarana serta pembimbing pemagangan? Terus, berapa persentasi peserta yang mengikuti pemagangan Pak?

3. Program Pemagangan yang disediakan PT. United Kingland sendiri, apakah sudah mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, Standar Kompetensi Kerja Khusus atau Standar Kompetensi Kerja Internasional?

4. Apakah Perjanjian Pemagangan sudah di beritahukan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang?

5. Apakah hak peserta pemagangan di ikut sertakan dalam program Jaminan Sosial? Apabila di ikut sertakan, bisakah Bapak sebutkan salah satu Jaminan Sosial yang Bapak ikuti?

6. Pada saat penyelenggaraan pemagangan, apakah peserta magang di Perusahaan PT. United Kingland  menggunakan sistem shift? Apabila ada sistem Shift, ada brapa shift di PT. United Kingland itu sendri Pak? Khusus shift malam, apakah Bapak menyediakan transportasi antar jemput?

7. Pada saat hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah, apakah peserta magang tetap masuk kerja Pak?

8. Seperti apa standar kompetensi yang ditentukan oleh perusahaan dan penyelenggara pemagangan agar peserta magang bisa mendapatkan Sertifikat?

9. Dalam proses penyelenggaraan pemagangan di PT. United Kingland, apakah peserta magang dipungut biaya Pak?

10. Bagi peserta yang telah mendapatkan Sertifikat pemagangan, apakah langsung Bapak rekrut untuk menjadi Karyawan di PT. United Kingland, atau bahkan tidak ada satupun yang Bapak rekrut?

11. Selama melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pemagangan, apakah Bapak selalu memberikan laporan hasil pemagangannya Pak?

Seperti yang diberitakan sebelumnya dengan judul "PT. United Kingland Diduga Tabrak UU Ketenagakerjaan" dan sedang di persoalkan oleh DPC FSB KiKES KSBSI Kabupaten Serang melayangkan surat kepada PT. United Kingland dengan nomor surat nomor: 001/FSB KiKES/ KSBSI/KL//X/2020 Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Buruh Kimia Dan Kesehatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB KiKES KSBSI).

Dimana isi surat tersebut mempertanyakan perihal dugaan izin Penyelenggara Pemagangan kepada PT. United Kingland yang beralamat di Jalan Raya Serang, KM. 68 Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Seran, Banten diduga sudah melanggar ketentuan perundang-undangan Nomor 13 tahun 2003 terkait Ketenagakerjaan dan Permen Ketenagakerjaan Nomor 06 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Mengingat, dengan adanya kejadian seperti yang terjadi di PT. United Kingland, diharapkan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang untuk segera melakukan pemeriksaan keterkaitan dengan adanya dugaan tindakan yang diduga telah melanggar Undang-undang Ketenagakerjaan.

Sekedar informasi, PT. United Kingland sendiri tidak hanya dipersoalkan mengenai Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri saja, melainkan beberapa tahun yang lalu sempat di demo oleh karyawannya sendiri perihal upah kerja.

Sementara itu, Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang berkompetensi dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Sedangkan Penyelenggara Pemagangan adalah perusahaan yang memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan Pemagangan di dalam Negeri.




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »