Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PT. United Kingland Diduga Tabrak UU Ketenagakerjaan

By On 10/29/2020 03:56:00 AM

Penulis : Alfian/Redaksi









SERANG, Cula1.ID - PT. United Kingland yang beralamat di Jalan Raya Serang - Jakarta, KM. 68, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten diduga telah menabrak Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dimana hal itu dikatakan oleh Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Buruh Kimia dan Kesehatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB KiKES KSBSI) Suyono terhadap perusahaan yang berdiri di Serang dari tahun 2006 di atas luas tanah seluas 300.000 meter persegi dan memproduksi Ban sepedah motor dan mobil.

DPC FBS KiKES KSBSI telah menyurati PT. United Kingland karena banyaknya laporan yang kami terima dan menyebutkan bahwa perusahaan ini memakai karyawannya dengan sistem pemagangan dan upah sebesar Rp 2.500.000,00 perbulannya.

"Atas dasar adanya laporan, kami sepakat dari Serikat Buruh KiKES KSBSI DPC Kabupaten Serang menyurati PT. United Kingland yang diduga tidak memiliki izin terkait Penyelenggaran Pemagangan dan sudah jelas di atur dalam Permen Ketenagakerjaan," kata Suyono, Rabu (28/10/2020).

Suyono menambahkan, dengan adanya dugaan seperti yang disebutkan di atas, sifatnya hanya meluruskan dan menindaklanjuti terkait PT. United Kingland yang diduga tidak memiliki izin pemagangan karyawan dengan ketentuan harus memiliki Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) terlebih dahulu.

"Seharusnya untuk para karyawan yang magang di perusahaan yang memproduksi Ban ini harus memiliki LPK," tambahnya.














Terpisah, Kepala Bidang Program DPC FSB KiKES KSBSI Kabupaten Serang Panji menjelaskan, apabila pihak perusahaan yang ingin menyelenggarakan Pemagangan untuk karyawannya itu harus melalui wadah LPK yang dikelola oleh pihak ketiga.

"Terkait Lembaga Pelatihan Kerja di Permen Ketenagakerjaan, sudah jslas untuk kepengurusannya tidak diperbolehkan dari pihak karyawan itu sendiri," jelasnya.

DPC FSB KiKES KSBSI Kabupaten Serang telah melayangkan surat kepada PT. United Kingland terkait adanya dugaan karyawan magang yang diduga sudah menabrak Undang-undang tentang Ketenagakerjaan.

Diketahui, surat yang sudah diberikan kepada pihak perusahaan dengan surat  nomor: 001/FSB KiKES/ KSBSI/KL//X/2020 Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Buruh Kimia Dan Kesehatan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPC FSB KiKES KSBSI) perihal dugaan izin Penyelenggara Pemagangan kepada PT. United Kingland yang beralamat di Jalan Raya Serang - Jakarta, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Kabupaten Seran, Banten diduga sudah melanggar ketentuan perundang-undangan Nomor 13 tahun 2003 terkait Ketenagakerjaan dan Permen Ketenagakerjaan Nomor 06 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Hingga berita ini di tayangkan, pihak perusahaan PT. United Kingland belum bisa dimintai keterangan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »