Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Saluran Drainase Desa Sukamaju Diduga Tidak Sesuai Spek

By On 10/16/2020 12:48:00 PM


SERANG, Cula1.ID - Paket pekerjaan belanja barang untuk diserahkan kepada masyarakat dengan jenis kegiatan saluran drainase yang berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, diduga dalam tahapan pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan spesifikasi tehnis. 

Drainase merupakan infrastruktur yang dibangun sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah. Dalam hal ini, drainase itu sendiri berkaitan erat dengan salinitas. Yang mana, drainase adalah infrastrukut yang dibuat dan dimaksudkan untuk  pembuangan kelebihan air yang tidak di inginkan pada suatu daerah. Ini juga berkaitan dengan penaggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut.

Dimana CV. Sederhana selaku penyedia kegiatan saluran drainase ber-KSO atau kerjasama operasional dengan Kelompok Masyarakt Siaga Bencana (KMSB) warga peduli banjir dengan nilai anggaran mencapai Rp 112.237.000,00 yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Dana Alokasi Umum (APBD-DAU) Kabupaten Serang tahun anggaran 2020 dengan metode pengadaan e-Pengadaan Langsung dengan pascakualifikasi satuan kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Serang.

Ketika dikonfirmasi, salah satu petukang menerangkan bahwa kegiatan saluran drainase ini volume panjangnya mencapai 136 meter kanan kiri dengan ketinggian pondasi 60 centimeter, lebar pondasi bawah 40 centimeter dan lebar pondasi atas 30 centimeter.

"Untuk ketinggian ada yang 90 centimeter dan ada yang kurang dari 60 centimeter. Tergantung dari orang pertama yang menggalinya," terangnya di lokasi kegiatan, Kamis (15/10/2020).

Terkait dengan adanya pasangan batu pondasi yang tergenang air dan terindikasi asal pasang, petukang menjelaskan bahwa pemasangan seperti ini akan bagus. 

"Kita menggunakan adukan basah. Nanti setelah lantai dasar kita berikan adukan, baru nanti untuk pasangan pondasi yang bolong-bolong akan kami kasih adukan," jelasnya.

Petukang menambahkan, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi H. Babay sebagi pihal pelaksana.

Sementara itu, ketika di konfirmasi via pesan whatsapp, H. Babay tidak merespon.

Penulis : Lahudin


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »