Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Terima Program FMSRB, Ketua Poktan Ucapkan Terima Kasih

By On 10/21/2020 12:38:00 AM

Penulis : Lahudin



SERANG, Cula1.ID - Program Flood Management In Selected River Basin (FMSRB) yang diterima Kelompok Tani Tunas Tani 1 yang beralamat di Desa Cakung, Kecamatan Binuang, Kabupaten Serang, Banten dengan jenis pekerjaan jalan, Ketua Poktan mengucapkan rasa terima kasih atas adanya kegiatan yang sekarang sedang dikerjakan.

Kegiatan Optimasi Lahan FMSRB dengan jenis pekerjaan Jalan Usaha Tani (JUT) yang berlokasi di Kampung Jati Cilik, Desa Cakung, dengan anggaran Rp 250.600.000 yang bersumber dari FMSRB Loan ADB tahun anggaran 2020 dan dilaksanakan secara padat karya.

Tujuan dari program FMSRB adalah meningkatkan kondisi lahan pertanian di lahan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau, Ciujung, dan Cidurian (C3) untuk mengendalikan erosi dengan memperbaiki pengelolaan lahan, mengurangi laju air permukaan dengan konservasi udara dan meningkatkan pendapatan petani dari pengelolaan DAS atau agroforestri.

Selain tujuan program tersebut, pembangunan Jalan Usaha Tani adalah untuk membangun atau merehabilitasi jalan sesuai dengan standar biaya berdasarkan peraturan yang berlaku, meliputi kawasan budidaya tanaman pangan, kawasan budi daya perkebunan, dan kawasan budi daya hortikultura.

Menurut Ketua Kelompok Tani Tunas Tani 1 Mukari mengungkapkan bahwa dengan adanya program ini diharapkan bisa mempermudah akses jalan para petani untuk lebih mudah mengangkut hasil panen.

"Alhamdulillah, akhirnya apa yang selama ini saya perjuangkan bisa terealisasi dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada Dinas terkait atas adanya program ini," ungkapnya di lokasi kegiatan, Selasa (20/10/2020).

Masih kata Bukari, untuk pekerjaan jalan pertanian yang dibangun yakni 1.400 meter dan lebar 2.5 meter dengan pelaksanaan aspal lapen dan pekerjaan baru mencapai 70 %. Dimana sebelum mendapatkan program ini, kondisi jalan yang menghubungkan Desa Binuang dan Desa Cakung rusak parah.

"Perkiraan baru mencapai 70 % dan saya upayakan agar cepat selesai dan bisa digunakan oleh masyarakat sekitar," imbuhnya.

Terpisah, warga Kampung Jati Gede Yusuf sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan yang sedang dikerjakan oleh Ketua Poktan Mukari. Karena, menurut Yusuf, ini merupakan akses jalan penghubung dan bisa dikatakan merupakan akses jalan utama.

"Selain untuk jalan pertanian, jalan ini pun digunakan oleh para warga yang lain untuk kegiatan ysng lainnya," ucapnya.

Senada di ungkapkan warga Kampung Serewu Satibi, dirinya merasa senang dengan adanya program Flood Management In Selected River Basin, dimana jalan ini bisa mempercepat akses jalan dirinya yang memang keseharian bekerja di salah satu perusahaan di Kawasan Modern.

"Dengan dibangunnya akses jalan ini, bisa mempercepat jarak tempuh untuk bisa lebih cepat sampai ke pabrik," ungkapnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »