Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Alumni Pondok Pesantren MHC Bangun Masjid

By On 11/15/2020 06:52:00 PM

Penulis : Suprani/Red








SERANG, Cula1.ID - Alumni Pondok Pesantren Miftahul Huda Ciruas (MHC) mengadakan acara peletakan batu bata pertama dalam pembangunan Masjid di kawasan Ponpes yang beralamat di Kampung Tegal Jetak, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang.

Turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Ciruas H. Ismail, perwakilan dari Polsek Ciruas dan Koramil Ciruas serta tamu undangan dari alumni Pesantren Miftahul Huda Ciruas.

Dalam sambutannya, Ketua MUI Kecamatan Ciruas mengatakan bahwa dirinya turut prihatin dengan kondisi Ponpes saat ini. Dikarenakan sejak meninggalnya KH. Muhamad Yamin,  lambat laun Pesantren mati suri.

"Mulai dari kondisi fisik bangunan, satu demi satu hancur. Begitu pula dengan santriwan dan santriwati mulai meninggalkan Pesantren ini," kata H. Ismail, Minggu (15/11/2020).

H. Ismail menambahkan, pada saat mengikuti pengajian, semasa hidupnya KH. Muhamad Yamin selalu berpesan kepada saya untuk tidak meninggalkan Pesantren ini. Namun, saat ini kita bisa lihat bersama, keadaan Ponpes sudah tidak ada kegiatan dari santri yang mengaji.

"Padahal Ponpes ini satu-satunya yang ada di Kecamatan Ciruas," tambahnya.

Dengan adanya kegiatan pembangunan Masjid yang diadakan oleh para alumni, H. Ismail mengharapkan dengan kekompakan dan keikhlasan semuanya, semoga ini bisa dijadikan awal untuk menghidupkan kembali Pesantren. Karena saya punya keyakinan, Ponpes ini akan kembali maju sama seperti ketika KH. Muhamad Yamin masih hidup.

"Setelah pembangunan Masjid ini selesai, diharapkan nanti untuk kedepannya bisa membangun Ponpes Miftahul Huda Ciruas," harapnya.

Pada kesempatan yang lain, perwakilan dari pihak keluarga H. Jamak Sari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua tamu undangan yang sudah hadir dalam pembangunan Masjid ini.

"Atas nama keluarga, saya ikrarkan dan mewakafkan tanah yang di peruntukan untuk pembangunan Masjid dan Ponpes kepada para alumni," ucapnya.

Masih kata H. Jamak Sari, apabila Masjid ini sudah terbangun mohon dikelola dengan baik, serta persiapkan untuk mengelola pesantrennya.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada alumni, agar peninggalan orang tua saya ini bisa bermanfaat sampai akhir jaman," ungkapnya.

Sementara itu, ketua panitia pembangunan Masjid Anis Fuad menjelaskan, keadaan Masjid yang ada sudah tidak layak dan tidak cukup menampung jama'ah sholat Jum'at. Sehingga saya dan alumni yang lain saling bahu-membahu mencari dana untuk melakukan pembagunan Masjid.

"Alhamdulilah, dengan keyakinan dan niat yang ihlas, saat ini dana yang terkumpul mencapai Rp 2.000.000 untuk pembangunan Masjid di Ponpes Miftahul Huda Ciruas," jelasnya.

Selanjutnya Anis Fuad mengungkapkan, berkat do'a dan ridhonya keluarga KH. Muhamad Yamin, alkhamdulilah setelah kegitan pembangunan dilaksanakan, banyak donatur yang memberikan bantuan untuk pembangunan Madjid.

"Sudah ada beberapa donatur yang memberikan bantuan untuk kegiatan ini. Semoga dengan diawali peletakan batu bata pertama, Masjid Miftahul Huda cepat terwujud," ungkapnya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »