Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diduga Gugur Saat Lelang, Warga Segel Kegiatan PT. Pilar Indo Sarana

By On 11/27/2020 10:01:00 PM

Penulis : Red/Rilis

Warga Link. Samandaran melakukan aksi penyegelan terhadap PT. Pilar Indo Sarana







KOTA CILEGON, Cula1.ID - Warga Link. Samandaran, Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon melakukan aksi dengan cara menyegel pembangunan Direksikeet PT. Pilar Indo Sarana.

Salah satu perwakilan dari Ketua Pemuda menyatakan, penyegelan ini dilakukan hanya sementara. Apabila perusahaan bisa menunjukan Surat Perintah Kerja (SPK) dan Surat Perintah Mulai Pekerjaan (SPMP) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cilegon, akan segera kita buka segel tersebut.

"Buktikan saja dulu SPK dan SPMP nya," katanya, Jum'at (27/11).

Sementara itu, Ketua Gerakan Aliansi LSM Banten Andi Permana menerangkan bahwa PT. Pilar Indo Sarana dinyatakan tidak memenuhi syarat dan/atau gugur oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada saat proses lelang pekerjaan Pembentukan Jalan Lingkar Utara STA 01+700 s/d STA 02+400.

"Itu dapat dibuktikan dengan adanya surat undangan Nomor : 620/1028/PPK-BM tanggal 19 November 2020 perihal undangan rapat persiapan penunjukan penyedia," terangnya.

Andi menambahkan, dengan adanya surat undangn tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2020, tentang Standar Dokumen Pengadaan Jasa Konstruksi melalui penyedia tertuang pada paragraf 17, rapat persiapan penunjukan penyedia, pasal 112, ayat 4.

“Dalam hal pemenang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), PPK melaksanakan rapat persiapan penunjukan Penyedia bersama pemenang cadangan 1," tambahnya.

Masih kata Andi, atas dasar diatas, secara otomatis PT. Pilar Indo Sarana bisa dinyatakan gugur sebagai pemenang dan kami akan membuat laporan kepada LKPP, Inspektorat dan Pihak Yudikatif untuk segera melakukan langkah-langkah Uji Forensik dan pemeriksaan dokumen kembali.

"Laporan saya lakukan agar pekerjaan ini tidak menuai permasalahan hukum di kemudian hari, baik secara adminitrasi maupun secara pekerjaan fisiknya," tutupnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »