Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dirbinmas Polda Banten : LKBA Berikan Manfaat Positif Bagi Masyarakat

By On 11/27/2020 02:14:00 AM

Penulis : Red/Rilis

Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si,.







KOTA SERANG, Cula1.ID - Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si., menghadiri acara Talk Show Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang tahun 2020 di Graha Pena Radar Banten, Kamis (26/11).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Baros Ahmad Suparlan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Rudi Suhartanto dan perwakilan juri Widodo.

Dengan diadakannya Lomba Kampung Bersih dan Aman, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si., mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti 326 Desa dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.

"Dampak dari LKBA ini sangat positif bagi masyarakat, dimana dengan adanya lomba ini masyarakat sangat antusias dan terus berinovasi dalam membenahi desa serta bergotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19," katanya.

Selain hal positif, Riki Yanuarfi menambahkan bahwa melalui Lomba Kampung Bersih dan Aman ini juga dapat meningkatkan perubahan perilaku yang signifikan bagi masyarakat.

"Karena dengan adanya lomba ini, masyarakat diajak untuk sadar tentang lingkungannya, sadar tentang kondisi kampungnya. Sehingga potensi masyarakat bisa muncul melalui lomba ini dan dapat mengubah perilaku masyarakat yang awalnya cuek, kini menjadi peduli untuk memelihara kampungnya," tambahnya.



Selanjutnya Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, menjelaskan dengan adanya Lomba Kampung Bersih dan Aman ini dapat meningkatkan peran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.

"Lewat Lomba Kampung Bersih dan Aman ini juga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan melalui pemanfaatan lahan tidur yang berada di kampungnya," jelasnya.

Masih kata Riki Yanuarfi, bagi kampung yang juara nanti akan kami jadikan Kampung Tangguh Nusantara Kalimaya untuk diperlombakan di tingkat Nasional serta mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan di kampungnya.

"Pesan saya kepada masyarakat agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan menerapkan Physical Distancing atau menjaga jarak," tutupnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, S.IK., M.K., mengapresiasi dengan adanya Lomba Kampung Bersih dan Aman yang diikuti 326 desa yang ada di Kabupaten Serang

"Saya sangat mengapresiasi atas dilakukannya Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, yang dimana dengan adanya lomba ini dapat menumbuhkan jiwa gotong royong bagi masyarakat," ujarnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »