Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gunakan Swadaya Masyarakat, Desa Kendayakan Kembangkan Program Inovasi Desa

By On 11/25/2020 08:53:00 PM

Penulis : Lahudin

Proses pembangunan Taman Wisata di Kampung Meracang, Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan 







SERANG, Cula1.ID - Masyarakat Desa Kendayakan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten turut serta bergotong royong dalam melakukan pengembangan inovasi desa dengan cara pembuatan Taman Wisata yang berlokasi di Kampung Meracang 11/04, dimana anggaran yang digunakan bersumber dari swadaya masyarakat setempat.

Seperti yang dikatakan Sekdes Kendayakan Lukman, terkait pembuatan Taman Wisata saat ini masih dalam proses pembangunan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas melalui berbagai kegiatan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

"Dalam jangka menegah, upaya ini diharapkan bisa mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan," kata Lukman dilokasi Taman Wisata, Rabu (25/11).

Lukman menambahkan, selain mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, kegiatan inovasi desa secara swadaya masyarakat diharapkan bisa membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian Desa.

"Yang lebih diutamakan dari pembangunan Taman Wisata bisa meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat," tambahnya.

Warga melaksanakan kegiatan Inovasi Desa







Masih kata Lukman, manfaat dari pembangunan Taman Wisata yang berlokasi di Kampung Meracang ini untuk saling bertukar pengetahuan, belajar kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif serta memotivasi masyarakat agar terbiasa dengan lingkungan pola hidup sehat dan bersih.

"Selain menciptakan pola hidup sehat dan bersih, serta menjaga keamanan lingkungan agar kedepannya bisa menjadi kampung percontohan," harapnya.

Sementara itu, keterwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) zona Kampung Meracang Saepul Rezaldi menerangkan bahwa pembangunan Taman Wisata ini bersumber dari hasil swadaya masyarakat yang begitu peduli untuk kemajuan di desa serta diharapkan bisa meningkatkan hasil perekonomian untuk masyarakat disekitar lokasi Taman.

"Apabila pembangunan Taman Wisata ini sudah jadi, akan banyak peluang usaha bagi masyarakat disekitarnya," terangnya.

Selain melaksanakan program inovasi desa dengan mengembangkan Taman Wisata yang berlokasi di Kampung Meracang 11/04, Desa Kendayakan turut serta dalam program Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) tahun 2020, dimana program ini sudah memasuki tahun kedua. Pada tahun kedua ini, Pemkab Serang bersinergi dengan Polri lewat kolaborasi program Kampung Bersih dan Aman dengan Kampung Tangguh.







Next
« Prev Post
Previous
Next Post »