Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kades Tegal Maja Lakukan Uji Coba Tanaman Jahe Merah di Wilayah Industri

By On 11/18/2020 08:21:00 PM

Penulis : Redaksi


SERANG, Cula1.ID - Jahe merah mempunyai nama Latin Zingiber Officinale Varietas Rubrum merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sudah terkenal untuk digunakan sebagai bahan obat serta tanaman rempah. Rimpangnya ini mempunyai bentuk jemari serta mengembung pada bagian sela-sela ruas tengahnya. 

Tumbuhan jahe merah mempunyai kandungan minyak asiri serta mempunyai rasa yang pedas, karena adanya senyawa keton yang diberi nama zingeron. Jahe merah juga termasuk bagian dari suku Zingiberaceae atau suku temu-temuan. 

Manfaat jahe merah biasanya digunakan untuk tumbuhan obat herbal, yang sudah dikenal sejak jaman dahulu khususnya di Negara China. Di China jahe digunakan untuk obat tradisional mengatasi penyakit ginjal, serta untuk memperbaiki fungsi kerja limpa dan di Arab digunakan untuk penghangat badan.

Dengan banyaknya manfaat jahe merah, Kepala Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten H. Ikhsan melakukan uji coba menanam jahe merah dengan cara segala kebutuhannya didatangkan dari luar daerah. 

"Seperti pengadaan bibit, pupuk, tanah dan polybag," kata H. Ikhsan di kediamannya, Rabu (18/11/2020).

H. Ikhsan menambahkan, disela kesibukannya sebagai Kepala Desa, dirinya kembali pada kebiasaannya untuk  bercocok tanam. Tanaman jahe merah yang ditanam baru mencapai 200 bibit dan sudah berjalan selama dua bulan, dimana bibit yang didapatkan dari Provinsi Lampung.

"Dengan adanya uji coba ini, saya mengharapkan agar kedepan warga saya bisa menerapkan hasil uji coba penanaman jahe merah ini," tambahnya, 

H. Ikhsan menjelaskan, cara menanam jahe merah ini sangat sederhana. Apabila telah menginjak 2-3 bulan dan bibir sudah terlihat menyembul, lakukan lagi pengurukan hingga usia 8 bulan sampai karung terisi penuh, selanjutnya didalam perawatan tanaman ini cukup mudah. 

"Perawatan ini bisa dilakukan dengan sekali sehari, tetapi dalam kondisi panas dan butuh penyiraman 2-3 kali dalam sehari, terlebih penting adalah perlakuan mulai dari masa tanam (0 %) sampai pada hasil panen yang diharapkan," jelasnya.

Dimana diketahui, Kades Tegal Maja H. Ikhsan menggunakan ruang paranet sebagai lahan penanaman jahe merah agar tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Dan ia pun mencatat disetiap minggunya atas adanya perubahan dan perkembangan yang terjadi pada tanaman jahe merah.

"Mengingat lokasinya berada di wilayah industri, saya mencoba untuk melakukan uji coba tanaman jahe merah agar saya bisa menjawab di 8 bulan kemudian terhadap hasilnya tentang tanaman ini bisa atau tidaknya diterima oleh masyarakat," imbuhnya.

Karena sebelumnya, seperti yang dikatakan Satibi, yang telah belasan tahun menanam padi diruang terbuka  pada wilayah industri berikat mengalami terjadinya penurunan terhadap hasil panen di dua masa rendengan dan timuran.

"Hasil panen yang saya dapatkan selalu mengalami penurunan setiap tahunnya," katanya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »