Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

LSM Gerak Indonesia Pertanyakan Pemadatan Jalan Parigi - Sukamanah

By On 11/06/2020 11:01:00 AM

Penulis : Lahudin








SERANG, Cula1.ID - Dengan adanya kegitan rehabilitasi Jalan Parigi - Sukamanah yang sedang dikerjakan CV. Surya Dimedal dengan jenis pekerjaan betonisasi FS-45, dalam tahapan pemasangan Lean Concrete (LC) dipertanyakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Rakyat Anti Korupsi Indonesia (GERAK INDONESIA) DPD Provinsi Banten.

Seperti yang dikatakan Ketua Gerak Indonesia DPD Provinsi Banten Arohman Ali, dirinya menduga bahwa ada yang salah pada mekanisme tahapan metode pelaksanaan pembongkaran rigid pavement dan pemadatan jalan yang sedang dikerjakan.

Seharusnya pihak pelaksana bisa memperhitungkan kondisi pengguna jalan yang begitu ramai setiap harinya. Dikarenakan jalan Parigi - Sukamanah merupakan akses tercepat untuk ke wilayah bagian Utara Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

"Kenapa harus kedua sisi beton dibongkar, ini dapat menyebabkan kemacetan panjang, beberapa waktu lalu ada kendaraan roda empat yang terjebak karena amblas di lokasi," kata Ali, Jum'at (06/11/2020).

Ali juga menambahkan, apakah pemadatan existing dan penambahan material agregat A jalan kedua sisi sudah dilakukan tahapan test uji sand cone?  Apabila itu sudah dilakukan, kenapa masih ada kejadian kendaraan yang amblas, serta adanya pergeseran tanah dan pihak perusahaan kembali melakukan pemadatan di samping sisi jalan yang sudah terpasang LC.

"Seperti halnya kemarin (Kamis, 05/11/2020) banyak kendaraan yang terjebak macet, hanya gara-gara pihak pelaksana kegiatan melakukan pemadatan jalan kembali," tambahnya.

Sepengetahuan saya, apabila suatu jalan yang akan dilakukan pemadatan dan pengecoran pastinya akan dilakukan test uji sand cone. Dimana hal itu dilakukan untuk mengetahui kepadatan di lapangan dari lapisan tanah atau perkerasan yang telah dipadatkan.

"Apabila test uji sand cone sudah dilakukan, apakah pihak Konsultan dan penyedia jasa bisa membuktikan ataupun melihatkan hasilnya," harapnya.

Sementara itu, pelaksana kegiatan rehabilitasi Jalan Parigi - Sukamanah Yosi, ketika dikonfirmasi terkait hasil test uji sand cone via pesan Whatsapp, dirinya tidak menanggapi.

Untuk diketahui, kegiatan dan pembangunan ruas jalan wilayah utara dengan jenis pekerjaan Rehabilitasi Jalan Parigi - Sukamanah dengan nomor kontrak ADD.KO2/600/0928.18/SPK/PJ-PS/BBM/DPUPR/IX/2020, nilai anggaran Rp 5.882.039.400,00 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah - Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2020 yang sedang dikerjakan oleh CV. Surya Dimedal dengan waktu pelaksanaan 391 hari kalender dimulai sejak tanggal 28 September 2020.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »