Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Oknum RT Desa Jeungjing Diduga Sunat Dana Bansos

By On 11/06/2020 06:53:00 PM

Penulis : Asep

TANGERANG, Cula1.ID - Dinas Sosial Provinsi Banten bekerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) menyalurkan bantuan sosial untuk warga terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Setidaknya hampir 260 ribuan penerima bansos dari Provinsi Banten berada di kawasan PSBB atau tiga wilayah di Tangerang. 

Dengan rincian, sebanyak 22 ribu lebih penerima bantuan sosial (Bansos) berada di Kota Tangerang Selatan, 86 ribu lebih berada di Kota Tangerang, dan 149 ribu di Kabupaten Tangerang. Dimana, untuk Kota dan Kabupaten Tangerang pencairan melalui Bank BJB dan Tangsel melalui Bank BJB Syariah.

Adapun rincian besaran bansos adalah Rp 600 ribu untuk warga yang terdampak Covid-19 dan tinggal di daerah PSBB, sementara Rp 500 ribu untuk warga terdampak Covid-19 namun tinggal di luar daerah PSBB.

Namun, masih ada saja oknum RT Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang yang diduga telah menyunat bansos yang diterima oleh warga sebesar Rp 100.000 dengan dalih uang administrasi.

Salah satu warga penerima bansos dari Pemprov Banten RI mengatakan bahwa pada saat pulang dari pengambilan uang sebesar Rp 600.000 di Bank BJB, dirinya langsung diminta uang Rp 100.000 oleh oknum RT berinisial KSM.

"Oknum RT KSM langsung meminta uang Rp 100.000 dengan alasan untuk administrasi," kata warga Kampung Jeungjing 02/03 Jum'at (06/11/2020).

Senada diungkapkan AH yang rumahnya tidak jauh dari RI, bahwa dirinyapun sama diminta uang sebesar Rp 100.000 oleh oknum RT.

"Iya benar saya juga dimintai uang sama RT KSM Rp 100.000 dan dia bertanya ikhlas apa tidak. Saya bilang saya tidak ikhlas," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Jeungjing Maryono Caprie ketika dikonfirmasi via pesan Whatsapp sangat menyayangkan dengan adanya prilaku oknum RT yang diduga telah menyunat bantuan sosial yang diterima oleh warganya.

"Kalau memang ada oknum RT yang seperti itu tangkap saja dan hajar-hajar saja," ucapnya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »