Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ormas LMPP Pertanyakan Kegiatan TPT di Curug Manis

By On 11/13/2020 12:08:00 AM

Penulis : Sahrudin


KOTA SERANG, Cula1.ID - Terkait dengan adanya pekerjaan proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berada di Kampung Kerasikan 06/05 Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten diduga telah melanggar Undang-undang Nomo 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut Sekretaris Ormas Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Saiful Bahri mengatakan, seharusnya dari awal kegiatan, baik itu kegiatan dari APBD dan APBN, harus ada Papan Informasi Proyek (PIP).

"Karena dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 itu sudah jelas, setiap kegiatan harus transparansi," kata Sekretaris Ormas LMPP Saiful Bahri, Kamis (12/11/2020).

Saiful Bahri menambahkan, jika dalam suatu kegiatan tidak adanya informasi terkait kegiatan yang dikerjakan, ini sudah jelas melanggar hukum.

"Bagaimana masyarakat bisa tahu angaran itu bersumber dari mana dan  berapa nilai anggarannya. Jangan sampai masyarakat menduga ini kegiatan yang mengerjakan Jin Iprit ataupun Roro Jonggrang," tambahnya.

Sementara itu, mandor dilapangan Robi saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk PIP itu belum diambil dengan alasan belum jadi.

"Bisa jadi terhalang Pilkada," jelasnya saat dikonfirmasi (11/11/2020). 

Masih kata Robi, untuk kegiatan TPT  yang sedang dikerjakan, dirinya tidak tahu berapa anggaran yang digunakan dan bersumber dari mana.

Terkait dengan tehnis pemasangan TPT, untuk lebar pondasi bawah 1 meter dan lebar atas 30 centimeter, akan tetapi saya bikin 35 centimeter.

"Panjang keseluruhannya 170 meter, pekerjaan ini sudah berlangsung 10 hari dari pelaksanaan," imbuhnya.

Robi mengungkapkan, terkait pekerjaan ini, dirinya tidak tahu dan hanya di tugaskan untuk mengawasi pekerjanya. Apabila ingin lebih jelas langsung saja konfirmasi ke Pak Bedi sebagai pelaksana lapangan.

"Kalau untuk memberikan nomor teleponnya, saya gak bisa, kalau gak langsung saja ke pak Ibra sebagai Kepala PU," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang, Ibra saat ditemui di kantornya, yang bersangkutan sedang tidak ada dikantor.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »