Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Peduli Lingkungan, Pemdes Panenjoan Gelar Kerja Bakti Gotong Royong

By On 11/01/2020 01:02:00 PM

Penulis : Redaksi









SERANG, Cula1.ID - Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia, sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila yaitu sila ke-3 “Persatuan Indonesia”. Gotong royong merupakan kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar.

Sikap gotong royong itu seharusnya dimiliki seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Karena dengan adanya kesadaran setiap elemen atau lapisan masyarakat melakukan kegiatan dengan cara bergotong royong.

Dengan demikian segala sesuatu yang akan dikerjakan dapat lebih mudah dan cepat diselesaikan dan pastinya pembangunan di daerah tersebut akan semakin lancar dan maju. Bukan itu saja, tetapi dengan adanya kesadaran setiap elemen dan lapisan masyarakat dalam menerapkan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat.

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Desa Panenjoan, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang bersama warga melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan di desa setempat, Minggu (01/11/2020).

Kegiatan gotong royong tersebut melibatkan semua pihak, diantaranya Kepala Desa Panenjoan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), RT/RW, tokoh masyarakat dan warga sekitar, dimana lokasi gotong royong tersebut di Kampung Kramat, Desa Panenjoan.

Di sela-sela kegiatan, Kepala Desa Panenjoan H. Rokhani mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dalam menghidupkan kembali budaya gotong royong yang telah lama tidak dilakukan karena Pandemi Covid-19.

"Kebiasaan hidup bersih dan sehat tidak hanya ditengah Pandemi Covid-19, akan tetapi menjadi kebiasaan. Sebab, jika kita hidup bersih dan sehat maka aktivitas kita menjadi lancar," kata H. Rokhani.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPD Panenjoan Apudin sangat mengapresiasi kekompakan dan kebersamaan masyarakat dalam kegiatan ini guna mendorong masyarakat untuk hidup lebih bersih, indah dan sehat.

"Kegiatan ini sangat positif dengan harapan dapat menstimulan, menggugah kesadaran masyarakat dalam meningkatkan budaya hidup bersih dan sehat dimulai dari lingkungan paling rendah dan dari hal kecil setiap orang dalam lingkungannya," ucapnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Desa Panenjoan Asnawi di tengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, ia mengharapkan kepada seluruh warga Desa Panenjoan agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Mari bersama kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih, agar kita semua terhindar dari segala macam penyakit," harapnya.

Terpisah, Camat Carenang, Samsuri melalui pesan Whatsapp menghimbau kepada seluruh Desa yang ada di Kecamatan Carenang untuk melakukan kegiatan gotong royong dengan membersihkan solokan-solokan ataupun aliran air agar tidak tersumbat.

"Mengingat sekarang memasuki musim penghujan dan mengantisipasi terjadinya genangan air, di harapkan seluruh desa di Kecamatan Carenang  untuk bergotong royong membersihkan solokan-solokan agar air tersebut dapat mengalir dengan lancar," himbaunya.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »