Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pembangunan Intake Tahap II Bertujuan Menambah Layanan Air Bersih PDAM

By On 11/03/2020 12:54:00 PM

Penulis : Redaksi


SERANG, Cula1.ID - Kegiatan Air Tanah dan Air Baku pada pekerjaan Pembangunan Intake Air Baku Layanan Kecamatan Ciruas, Kragilan dan Lebakwangi, Kabupaten Serang Tahap II (PIAB-CKL/T.II/2020) dan lokasi pembangunan Intake berada dikoordinat 6°10'28.96"S dan 106°17'13.71"E, dimana air diambil dari Sungai Ciujung dan disalurkan menggunakan pipa air baku menuju bak prasedimentasi yang berada dikoordinat 6°9'4.05"S dan 106°17'4.01"E.

Kegiatan yang sedang dikerjakan oleh PT. Riden Jaya Kontruksi dengan anggaran mencapai Rp 35.630.138.000,00 nomor kontrak HK.02.03/APBN/PPK-ATAB/I/VI/2020 yang bersumber dari anggaran APBN T.A 2020 ini bertujuan untuk tersedianya prasarana pengambilan Air Baku dari Sungai Ciujung secara pompanisasi, guna menambah layanan air bersih PDAM pada daerah layanan Kecamatan Ciruas, Kragilan dan Lebakwangi.

Seperti yang dikatakan Site Manager PT. Riden Jaya Kontruksi D. Teddy Heryadi  dirinya mengatakan untuk tahapan progres pekerjaa saat ini, alhamdulillah melebihi dari waktu pelaksanaan kegiatan.

"Alhamdulillah progres kerjaan kita lebih atau plus," kata Teddy, Senin (02/11/2020).

Teddy menambahkan, meskipun pada awal-awal proses pekerjaan sempat terkendala adanya sesuatu hal, kami selalu berupaya untuk menetralisirkan keadaan dilingkungan tempat kami bekerja, yakni dengan cara melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar.

"Artinya masyarakat sekitar pun kita libatkan dalam kegiatan ini, sesuai dengan keterampilan masing-masing," tambahnya.

Terkait dengan pembangunan Intake yang lokasinya tidak jauh dari Sungai Ciujung, pihaknya tetap melaksanakan kewaspadaan terhadap segala sesuatu hal yang tidak di inginkan.

"Selain membangun Intake, kami setiap malam Jum'at selalu mengadakan acara kerohanian, yakni pengajian Yasinan bersama dengan pekerja dan masyarakat dilokasi pembangunan Intake," ucapnya.

Teddy Heryadi menjelaskan, tujuan dari pembangunan Intake tahap 2 (dua) ini direncanakan untuk memenuhi Q = 491 liter perdetik selama 24 jam nonstop yang berasal dari Sungai Ciujung untuk memenuhi kebutuhan penyediaan air baku pada SPAM Ciruas - Kragilan - Lebakwangi.

"Selain pemanfaatan untuk air irigasi, nantinya apabila sudah terbangun, bisa menampung stock air yang cukup besar guna memenuhi kebutuhan konsumen suplay air bersih dan usaha komersial masyarakat sekitar," jelasnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »