Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Terkait Ahli Waris, Mingsar : yang Berhak Adalah Istri Korban

By On 11/16/2020 09:50:00 PM

Penulis : Redaksi






SERANG, Cula1.ID - Terkait dengan siapa ahli waris yang berhak menerima santunan kematian diakibatkan kecelakaan kerja, bidang Mediator Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, Mingsar mengatakan yang berhak menerima ahli waris dari korban kecelakaan kerja di PT. Advance Smelting Technology adalah istri korban.

"Penerima hak atas korban yang meninggal dunia, selaku ahli waris ialah istri korban, apa bila istrinya tidak ada, maka kepada anaknya dengan ketentuan sudah cukup umur," kata Mingsar diruang kerjanya, Senin (16/11/2020).

Mingsar menambahkan, bilamana pihak perusahaan, tidak memberikan santunan, pesangon dan penghargaan kepada karyawannya (korban), mempersilahkan kepada ahli waris untuk membuat pengaduan.

"Silahkan, ahli waris membuat laporan pengaduan," tambahnya.

Terkait hak-hak korban meninggal dunia di BPJS, Mingsar menjelaskan ketika terdapat kecelakaan kerja di suatu perusahaan, rekan kerja atau pihak perusahaan harus melaporkan kejadian tersebut ke Pengawas Ketenagakerjaan di Disnakertrans Provinsi Banten.

"Karena untuk klaim satunan kematian kecelakaan kerja, pihak Perusahaan wajib mengikutsertakan karyawannya dalam program BPJS," jelasnya.

Masih kata Mingsar, apa yang dilakukan pihak Disnakertrans Kabupaten Serang sudah sesuai dengan apa yang telah di amanahkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan disebutkan pada Pasal 166 berbunyi Dalam hal hubungan kerja berakhir karena Pekerja/Buruh meninggal dunia, kepada ahli warisnya diberikan sejumlah uang yang besar perhitungannya sama dengan perhitungan 2 (dua) kali uang pesangan sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), 1 kali uang penghargaan masa kerja sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (3), uang hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2).

"Ahli waris berhak atas pesangon, penghargaan kerja dan santunan lainnya dan perhitungannya sesuai dengan masa kerja korban," imbuhnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada tanggal 02/11/2020 telah terjadi kecelakaan kerja di PT. Advance Smelting Technology yang beralamat di Desa Leuwilimus, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang dan mengakibatkan satu karyawannya meninggal dunia atas nama Almarhum Julpakar warga Kampung Baru, Desa Leuwilimus.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »