Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Warga Keluhkan Dampak Galian PT. Inti Global Industries

By On 11/19/2020 09:52:00 PM

Penulis : Asep


SERANG, Cula1.ID - Warga Desa Parigi dan sekitarnya mengeluh dan merasa dirugikan akibat adanya kegiatan tanah yang di gali oleh PT. Inti Global Industries yang beralamat di Kampung Keramat, Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Dimana tanah yang digali bertujuan untuk menampung air guna kebutuhan produksi. Dikarenakan air tersebut merupakan salah satu bahan pokok utama perusahaan yang memproduksi batu bata hebel.

Menurut keterangan RT setempat, Sam menerangkan bahwa disaat musim penghujan, ada beberapa rumah warga yang kebanjiran terdampak dari kegiatan tersebut. Terutama Pondok Pesantren Salafi, dikarenakan meluapnya air dari penampungan yang tidak ada bendungannya.

"Seharusnya di sekitaran galian itu di bangun bendungan agar air tidak meluap kemana-mana," terangnya, Kamis (19/11/2020).

Senada di ungkapkan salah satu warga yang namanya minta dirahasiakan, dampak lingkungan yang disebabkan adanya kegiatan tersebut menyebabkan rumah yang ia tempati bersama anak dan istrinya tergenang air.

"Tentunya saya beserta warga yang lain merasa dirugikan," katanya.

Warga menambahkan, selain terjadinya banjir, dampak lingkungan yang ia rasakan beserta warga yang lain ialah kondisi jalan yang berceceran tanah yang diakibatkan dari kendaraan besar mengangkut tanah keluar masuk di pabrik.

"Kondisi jalan yang licin disaat musim hujan. Selain itu juga, polusi udara yang bersumber dari asap yang dikeluarkan melalui corong perusahaan yang bisa saja menyebabkan penyakit bagi warga disekitar perusahaan," tambahnya.

Terpisah, petugas keamanan PT. Inti Global Industries Dede Wahyudin menjelaskan, apabila ada keluhan dari warga terkait dampak lingkungan, silahkan tanyakan saja kepada Kepala Desa.

"Pihak perusahaan tutup mata dan tidak ingin tahu terkait adanya keluhan warga," jelasnya ketika media ingin konfirmasi kepada pihak perusahaan.

Sementara itu, Kepala Desa Parigi Ade Qodir ketika dikonfirmasi via pesan WhatsApp mengungkapkan bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada pihak PT. Inti Global Industries, akan tetapi belum ada jawaban dari pihak perusahaan tersebut.

"Sudah saya informasikan dan belum ada tanggapan," jawabnya.

Mengingat, adanya kegiatan industri bermaksud untuk mengolah dan memanfaatkan kekayaan alam, namun pada kenyataannya pemanfaatan kekayaan alam tersebut berlebihan untuk menghasilkan materi yang berlebih pula. Hal ini dapat mengurangi daya dukung lingkungan bahkan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan hidup manusia.





Next
« Prev Post
Previous
Next Post »