-->

Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pasca Gempa Bumi di Sulbar, Sejumlah Personil Polri Berjibaku

By On 1/16/2021 01:09:00 AM

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono






JAKARTA, CULA1.ID - Dengan adanya kejadian gempa bumi dengan kekuatan 6.2 Skala Richter (SR) di kedalaman 6 Km Timur Laut Majene, Sulawesi Barat, waktu gempa ini terjadi pada Jum'at (15/1) pukul 01:28:17 WIB dan gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Namun yang terjadi di daratan, kekuatan 6.2 SR ini mengakibatkan beberapa bangunan rumah, Hotel dan Rumah Sakit roboh serta memutus akses jalan Trans Sulawesi dan sampai menalan korban tewas.

Dengan adanya kejadian tersebut, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengirimkan sejumlah bantuan dalam penanganan gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Dimana hal tersebut tertuang dalam surat telegram nomor STR/27/I/Ops.2/2021 yang ditandatangani Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, Jum'at (15/1).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, jajaran Polri terutama Polda Sulawesi Barat mengirimkan sejumlah bantuan.

"Untuk Baharkam Polri mengirimkan 2 unit pesawat udara, Ditpoludara Baharkam Polri dan enam ekor K9 beserta 15 personel Ditpolsatwa Baharkam Polri serta satu kapal Polair tipe B," kata Argo dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu juga, Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri mengerahkan 24 unit solar cell, dua unit genset, 20 personel miletary solar cell kit, dan 4 personel Div TIK Polri.

Masih kata Argo, Polda Sulawesi Selatan diperintahkan mengirim 136 personel Brimob,15 tim medis dan tim Disaster Victim Identification (DVI) untuk membantu pencairan korban gempa bumi.

"Bantuan kendaraan, Ambulans dan semua peralatan Search and Rescue (SAR) juga dikerahkan," tambahnya.

Bantuan ini nantinya akan dikoordinasikan dengan Polda Sulawesi Barat yang mengetahui titik-titik mana saja yang terdampak gempa dengan kekuatan 6.2 SR ini.

"Bantuan mulai dikerahkan hari ini, baik melalui jalur darat dan jalur udara," imbuhnya.

Sementara itu, Polda Sulawesi Tenggara mengerahkan 30 personel Brimob dan beberapa tim medis guna membantu warga yang terdampak gempa.


Penulis : Asep

Sumber : Rilis

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »