-->

Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tingkatkan SDM, Kades Sindangheula Berikan Beasiswa Kuliah Gratis bagi Warganya

By On 1/15/2021 12:13:00 AM



SERANG, CULA1.ID - Desa Sindangheula adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten dengan luas wilayah 6.500.000 km².

Sebelumnya, pada tahun 1982 desa yang saat ini dipimpin Suheli, S.Kom.I., masih bergabung dengan Desa Sindang Sari. Berhubung adanya pemekaran, maka sejak tahun 1982 Sindang Heula memisahkan diri dari Sindang Sari.

Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mewujudkan program Sindangheula Cerdas, Kepala Desa Sindangheula memberikan beasiswa kuliah sampai lulus bagi warganya dan bekerjasama dengan Universitas Primagraha.

Kepala Desa Sindangheula Suheli mengatakan, program beasiswa khusus untuk warganya. Dimana program ini adalah salah satu program unggulan yang tertuang pada visi dan misi dirinya dari tahun 2019 - 2025. 

"Dari awal sudah berencana, merancang dan tertuang dalam visi dan misi, salah satunya mencerdaskan masyarakat Desa Sindangheula," kata Kepala Desa via aplikasi WhatsApp, Kamis (14/1). 

Suheli menambahkan, melalui program kuliah gratis sampai lulus ini, ada 8 warganya pada tahun 2020 kemarin yang sudah mengikuti kuliah di Universitas Primagraha.

"Alhamdulillah sudah melaksanakan program ini dengan baik, untuk tahun ini Desa Sindangheula diberikan kuota sebanyak 20 peserta," tambahnya.

Masih kata Kades, dengan adanya kesempatan yang terbaik ini, kami selaku Pemdes akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan mengajak masyarakat Desa Sindangheula untuk mengikuti program ini.

"Mumpung ada kesempatan, karena kesempatan itu hanya datangnya satu kali," imbuhnya.

Lebih lanjut Suheli menjelaskan, sesuai dengan visi dan misi, saya ingin desa yang saya pimpin ini menjadi desa yang berkemajuan dan di dasari dengan ilmu pendidikan. 

"Karena sudah kita ketahui bersama, hidup tanpa ilmu, bagaikan kendaraan tanpa bensin. Berikutnya, hidup di iringi dengan ilmu, itu akan manjadi mudah, hidup dengan iman, hidup akan terarah, dan hidup dengan seni, maka hidup itu akan indah," jelasnya.

Selanjutnya Suheli mengungkapkan, apabila berpedoman dengan pendidikan, saya yakin Desa Sindangheula siap menghadapi zaman globalisasi dan era 4.0, dimana pada saat ini sudah menjadi konsumsi masyarakat. 

"Dengan pendidikan yang mumpuni, maka generasi penerus desa siap untuk menghadapi masa depannya yang lebih cerah," ungkapnya.

Sedangkan untuk syarat pendaftaran beasiswa kuliah sampai lulus yang diprogramkan Desa Sindangheula adalah sebagai berikut : 

1. Mengisi formulir pendaftaran

2. Foto copy ijazah SMA/SMK/MA/Paket C (2 lembar) tahun lulusan 2020

3. FC Akte Kelahiran

4. FC KTP dan Kartu Keluarga

5. FC Kartu Indonesia Pintar (jika ada)

6. Melampirkan bukti prestasi (Sertifikat/Piagam jika ada)

7. Pas Foto berwarna (background) warna putih

 a. Ukuran 4 x 6 = 4 (lembar)

 b. Ukuran 3 x 4 = 4 (lembar)

8. FC SPPT rumah

9. Foto rumah

 a. Depan

 b. Belakang

 c. Samping

 d. Ruang tamu 

 e. Foto bersama keluarga

10. Penghasilan orang tua

11. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa

12. Berdomisili di Desa Sindangheula


Penulis : Lahudin

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »