-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kerajinan Ekonomi Kreatif Serba Bambu Warga Desa Tegal Maja

By On 2/19/2021 09:54:00 AM




SERANG, CULA1.ID - Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Kepala Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten tidak berhenti berinovasi dan mendorong masyarakatnya untuk terus berkreatifitas demi meningkatkan perekonomian warganya guna mencapai masyarakat yang lebih maju dan mandiri.

Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) H. M. Iksan mengatakan bahwa dirinya tidak menyerah dengan keadaan dan tetap membantu memasarkan produk kerajinan ekonomi kreatif yang bahannya serba dari bambu.

"Hasil dari kerajinannya berupa miniatur perahu, keranjang parsel, tempat kunci, tempat baju dan beberapa produk lainya," kata Kades Tegal Maja, Kamis (18/2/21).

Ditambahkan, hasil kerajinan yang dihasilkan warganya kemudian ia pasarkan melalui marketplace ataupun sosial media dengan menggunakan jasa pengiriman dan berharap agar ekonomi warga bisa stabil walaupun tetap bekerja dirumah.

"Alhamdulillah, hasil kerajinan yang dihasilkan sudah dikirim keluar daerah bahkan ada yang pesan seperti dari Bekasi, Bogor, Karawang dan daerah-daerah lainnya," tambahnya.

Diterangkan H. Iksan, dirinya melihat bahwa pengrajin anyaman bambu sudah ada dari dulu, bahkan bisa dikatakan turun menurun ataupun warisan.

Agar produk kerajinan kreatif serba bambu lebih dikenal, Pemerintah Desa juga selalu membawa dan memamerkan kerajinan pada saat acara kegiatan di luar Kantor Desa, seperti kegiatan desa yang diadakan di salah satu cottage di kawasan Pantai Anyer beberapa bulan yang lalu dan hasilnyapun sangat memuaskan.

"Sekali lagi saya berharap kepada warga saya agar tidak bosan menuangkan ide-ide cemerlangnya ke dalam suatu karya yang mempunyai nilai ekonomis," tutupnya.

Penulis : Asep/Lubis | Editor : Lahudin

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »