-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Musrenbang Kecamatan Carenang Prioritaskan Pembangunan Jembatan Ki Jamak

By On 2/11/2021 06:12:00 PM

Kondisi jembatan Ki Jamak






SERANG, CULA1.ID - Dalam rangka pengajuan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022, Kecamatan Carenang melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan tahun 2021  tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Carenang, Rabu (10/2/21).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan atau stakeholders di tingkat kecamatan.

Dimana kegiatan tersebut untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan tahun depan. Kegiatan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbangdesa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan. 

Dan masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan (RKP) yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang Kecamatan Carenang Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang H. Bahrul Ulum, tim Bappeda, Camat Carenang, Kapolsek Carenang Iptu Edi Sutardi, SH., Danramil Carenang yang diwakilkan Babinsa Sertu Chrena Taufik, Kepala Desa, Ketua BPD, LPM, Karang Taruna dan tokoh masyarakat.

Dikatakan Samsuri, sebelum menentukan pembangunan yang menjadi prioritas utama, pihaknya menerima usulan-usulan hasil dari 8 desa yang sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Musrenbangdes.

"Setelah menerima usulan dari desa, kita sepakati yang menjadi prioritas utama yakni pembangunan jembatan Ki Jamak di Desa Mekarsari dan peningkatan betonisasi jalan tanggul yang menghubungkan Desa Teras, Walikukun dan Ragas Masigit," kata Camat Carenang, Kamis (11/2/21).

Ketua DPRD Kabupaten Serang H. Bahrul Ulum (ketiga dari kiri) di dampingi Kapolsek Carenang (kanan), Camat Carenang (kedua dari kiri) dan perwakilan dari Koramil Carenang


Diterangkan Camat, ada 24 usulan kegiatan diusulkan oleh 8 desa yang dananya tidak tercover dari Dana Desa. Dari usulan tersebut, kita sepakati yang menjadi prioritas utama seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Dilihat dari sisi manfaat 2 kegiatan yang diajukan, terutama pembangunan jembatan Ki Jamak merupakan impian dan harapan dari masyarakat, dimana setiap harinya melewati jembatan yang tersusun dari kayu ini agar secepatnya dibangun.

"Selain warga Kampung Bojongloa, Desa Mekarsari, jembatan tersebut merupakan akses utama terdekat bagi warga yang berada di perbatasan Kabupaten Serang dan Tangerang," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Serang H. Bahrul Ulum menuturkan, kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan usulan pembangunan berdasarkan skala prioritas Kecamatan berbasis Desa.

"Yang diusulkan harus prioritas Kecamatan berbasis Desa," ungkapnya via pesan Whatsapp.

Mengingat, jembatan Ki Jamak berlokasi di Desa Mekarsari dengan kondisi plat jembatan dari besi berkarat dan ditambah dengan susunan kayu ataupun balok hasil swadaya warga sekitar, merupakan akses bagi warga disekitarnya, baik itu warga Desa Mekarsari ataupun Desa Onyam, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang.

Sedangkan jalan tanggul yang menghubungkan Desa Teras, Walikukun dan Ragas Masigit merupakan akses jalan bagi petani untuk membawa hasil panennya dan bisa mempercepat jarak tempuh bagi warga yang mayoritas bekerja sebagai buruh di perusahaan.


Penulis : Redaksi

Editor : Lahudin


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »