-->

Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kegiatan P3-TGAI Membantu Aktifitas Pertanian

By On 5/07/2021 11:07:00 AM





SERANG - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi yang selanjutnya disebut P3-TGAI adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan Jaringan Irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola.

Kegiatan P3-TGAI yang meliputi kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat di saat musim Pandemi Covid-19.

Salah satu penerima program di Daerah Irigasi (D.I) Ciujung, P3A Tirta Mandiri beralamat di Desa Purwadadi, Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Banten merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, dalam hal ini untuk menjalankan program guna kepentingan para petani di wilayahnya.

"Tentunya kami akan menjalankan program ini sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah ditentukan," kata Saiful Milah Ketua P3A Tirta Mandiri, Jum'at (07/05).

Ditambahkan, untuk saat ini kegiatan yang sedang dikerjakan sudah mencapai progres 50 %. Dimana peran serta masyarakat sekitar dan petani begitu antusias dalam melaksanakan pembangunan ini.

"Semoga manfaat dari adanya kegiatan ini, bisa dirasakan oleh masyarakat pengguna air untuk pertanian," tambahnya.

Dijelaskan, program P3A ini sangat positif dalam mendukung pengairan petani ke pertanian. Dimana bantuan pembangunan irigasi ini anggarannya bersumber dari APBN melalui Kementerian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk membangun saluran irigasi pertanian agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

"Program ini sangat membantu aktifitas pertanian para petani di Desa Purwadadi," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan P3-TGAI yang sedang dikerjakan P3A Tirta Mandiri, volume panjang 286 M ditambah 14 M swadaya masyarakat, dengan anggaran mencapai Rp 195.000.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2021.

Penulis : Redaksi



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »