-->

Jurnal Kelestarian Bangsa

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Rekontruksi Jalan Babadan - Purwadadi Diduga Tidak Sesuai RAB

By On 7/14/2021 10:14:00 PM



SERANG, Paket pekerjaan Rekontruksi Jalan Babadan - Purwadadi yang berlokasi di Kecamatan Lebak Wangi, Kabupaten Serang, Banten, diduga dalam tahapan pelaksanaan pemasangan Tembok Penahan Tahan (TPT) tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Pantauan dilokasi beberapa waktu yang lalu, kegiatan yang sedang dikerjakan PT. Kramat Raya Akbar dengan nomor Kontrak 620/07-PK.HS.4226245/PPK.JL.BBDN-PWDD/KPA-DM/DPUPR/2021, anggaran mencapai Rp 4.308.964.650.00 bersumber dari DTU-DAU-APBD Kabupaten Serang tahun anggaran 2021 nampak tinggi dan lebar pondasi TPT bervariasi.

Seperti yang dikatakan masyarakat pemerhati lingkungan Munawir Sazali, dirinya menduga pihak pelaksana (PT. Kramat Raya Akbar-red) diduga telah melakukan kecurangan dengan cara mengurangi kubikasi pada item pembangunan TPT.

"Dapat kita lihat dilokasi, ukuran ketebalan pasangan batu untuk tembok penahan tanah tudak semuanya rata, ada yang 15 cm dan 25 cm," katanya, Rabu (14/07/2021).

Selain ketebalan pasangan batu yang kurang, Munawir menambahkan bahwa pada pasangan batu untuk pondasi yang tertanam, baik untuk lebar dan tingginya diduga tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya.

Masih kata Munawir, seharusnya disetiap kegiatan pada saat pekerjaan itu semestinya ada pelaksana ataupun pihak Konsultan yang hadir untuk melakukan pengawasan kegiatan tersebut.

"Namun di lokasi Babadan - Purwadadi, tidak ditemukannya pihak pelaksana dan konsultan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan ini dijadikan ajang bancakan," imbuhnya.

Selanjutnya Munawir mengharapkan kepada Pelaksana Teknis (Peltek) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang agar secepatnya melakukan monitoring terhadap kegiatan pemasangan TPT di kegiatan Rekontruksi Jalan Babadan - Purwadadi.

"Apabila terbukti pihak pelaksana melakukan kecurangan, jangan dibayarkan terhadap hasil pekerjaan TPT tersebut," harapnya.

Sementara itu, pihak DPUPR Kabupaten Serang, sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »