-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ketua GMKI Imbau Masyarakat Papua Jangan Mudah Terprovokasi

By On 10/30/2021 01:10:00 AM

Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Opinus Sogoneap. 

PAPUA, Cula1.ID – Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini. Selain konsern dalam perkuliahan, sosok yang satu ini juga aktif menyikapi isu-isu aktual yang menjadi perhatian publik melalui sharing, diskusi dan webinar daring maupun diskusi terbatas. Ia adalah Opinus Sogoneap. 

Sogoneap, demikian biasa disapa, selaku Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) terpilih masa bhakti 2020-2022 secara konsep kepemimpinan memiliki integritas dan semangat untuk memajukan Kepengurusan GMKI Cabang Jayapura bersama dengan keanggotaan yang cukup besar dibawah kecabangannya dengan jumlah keanggotaan sekitar 117 orang.

Ketua Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (BPC GMKI) Cabang Jayapura melalui press releasenya yang diterima media ini, Jumat, 28 Oktober 2021, menegaskan, dirinya tetap eksis di organisasi kemahasiswaan dan gerakan nasionalis di Papua.

“Tidak ada perubahan nama dari GMKI menjadi GMKP (Gerakan Mahasiswa Kristen Papua). Hal ini menjawab opini perubahan nama,” pungkas Sogoneap.

Terkait penunjukan Plh Sekda sebagai Plh Gubernur Papua melalui Dirjen OTDA, Sogoneap berpendapat bahwa hal itu sebuah kewajaran demi mempertahankan kelancaran eksistensi dinamika birokrasi dalam bernegara melalui legal standing yang transparan dan konstitusional.

“Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi dalam permainan elit politik, lebih baik kembali ke aktivitas rutin sehari-hari,” ujarnya. 

Ia juga mengaku prihati dan meminta pertimbangan khusus kepada pihak berwajib (Penyidik Polda Papua, Pengadilan Negeri Jayapura dan Kejaksaan Tinggi) soal kondisi Viktor Yeimo dengan berobat di rumah. 

“Nantinya setelah proses pengobatan dan dinyatakan sehat, baru yang bersangkutan dapat melanjutkan proses hukum terlepas dari isu Papua Merdeka,” kata Sogoneap.

Ketua GMKI ini juga mengajak kepada anggotanya untuk dapat mensukseskan program pemerintah, dalam hal ini soal pencegahan penularan Covid-19, dan vaksinasi secara massal, menangkal penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, serta ikut membantu pemulihan ekonomi secara nasional.

Pada pertengahan Agustus 2021, Sogoneap juga mengajak seluruh masyarakat Papua untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

“Sebanyak empat, klaster penyelenggaraan PON yakni Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Merauke dan Kab. Mimika. Bentuk dukungan tersebut adalah menjaga dan memberikan rasa nyaman kepada seluruh tamu dan peserta yang datang ke Papua,” tuturnya.

“Saat itu, kami juga berharap agar panitia penyelenggaraan PON XX Papua bisa menyediakan stand khusus untuk pemuda asal Papua agar nantinya produk-produk lokal asli Papua bisa ditampilkan,” tutupnya. (*/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »