-->

Berita Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bhayangkara Festival Mural 2021, DPP LPPI: Bukti Polri Menghormati Kebebasan Berekspresi

By On 11/02/2021 05:02:00 PM

JAKARTA, CULA1.ID – Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI) menyatakan dukungan atas terselenggaranya Bhayangkara Festival Mural 2021 Piala Kapolri yang diikuti 803 peserta dari seluruh Indonesia. 

“Kami mengapresiasi terobosan yang diambil oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas terselenggaranya Bhayangkara Festival Mural 2021 melalui Festival Mural ini masyarakat dapat menyimpulkan bahwa Kepolisian Republik Indonesia (Polri) selama ini tidak anti kritik,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI), Dedi Siregar melalui press releasenya yang diterima media ini, Selasa, 02 November 2021.

Menurut Dedi Siregar, Bhayangkara Festival Mural yang diinisiasi Kapolri ini akan menjadi bukti bahwa Polri sangat terbuka dengan aspirasi masyarakat dan terlihat mengedepankan kebebasan berpendapat.

“Kami menilai selama masa kepemimpinan Jenderal. Listyo Sigit Prabowo sebagai Polri telah menunjukkan contoh yang baik dan beliau sangat menjaga martabat institusi. Menurut kajian kami, Polri Presisi sangat dapat dirasakan masyarakat dengan berbagai kemudahan pelayanan, baik itu pelayanan penegakan hukum dan lainnya,” kata Dedi.

Dedi Siregar menjelaskan, melalui Bhayangkara Mural Festival 2021 yang bertemakan Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19 sebagai bentuk keseriusan Kapolri dalam menjaga institusi bahwa Polri sangat menghargai kebebasan berpendapat dan Polri tidak antikritik melainkan menghormati kebebasan berekspresi.

“Kami juga mengapresiasi Kapolri dalam merespons atas kabar-kabar berita mengenai penyimpangan yang dilakukan personel Polisi yang sempat menyedot perhatian publik. Kapolri terbukti terus berupaya berbenah melalui konsep Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan),” pungkas Dedi.

“Atas dasar itulah, maka kami yang tergabung dari Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI) mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Bhayangkara Festival Mural 2021 Piala Kapolri. Karena ini akan menjadi bukti bagi masyarakat dan sebagai wujud Polri selama ini tidak anti keritik dan sangat mendengarkan keritikan dari masyarakat,” sambung Dedi.

Seperti diketahui, sebanyak 803 peserta mengikuti Bhayangkara Festival Mural 2021 Piala Kapolri. Terdapat 80 peserta terbaik yang terpilih dari tingkat Polda dan Jabodetabek difasilitasi melukis Mural di tingkat Mabes Polri. Selain di tingkat Mabes Polri, ada sekitar 495 peserta Mural yang mengikuti festival di tiap-tiap Polda yang dilaksanakan serentak beberapa waktu lalu.

Polri mencatat, peserta mural terbanyak ada di wilayah Jawa Tengah sebanyak 73 peserta, Maluku 69 perserta, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur. 

Kegiatan ini dilaksanakan di setiap Polda, termasuk menyediakan ruang dan tempat bagi seniman mural untuk mengekspresikan karyanya di tembok, stadion, tembok rumah sakit Polri, dan kantor lain. (*/red)

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »